Batas waktu: 30 Juni 2013
Syarat:
 Telah memiliki usaha sosial minimal 1 tahun.
Awards:
 Follow up berupa: Peningkatan kapasitas, akses jaringan dan save money.

DESKRIPSI

Modernisasi dan industrialisasi telah telah menciptakan kesukesan di banyak aspek. Namun juga telah menimbulkan berbagai konsekuensi berupa melonjaknya dorongan konsumsi masyarakat dunia yang berdampak pada ketidakseimbangan ekosistem dan
terkurasnya sumberdaya terbarukan di lahan pertanian, laut dan hutan. Selama 50 tahun terakhir kita telah mengkonsumsi lebih banyak sumberdaya bumi dibandingkan 10 ribu tahun sebelumnya secara akumulatif. Terjadi krisis pangan dan kelangkaan akses
kesehatan dan pendidikan yang dialami kelompok miskin. Di sisi lain ada suatu kesadaran baru dalam gerakan pembangunan sosial untuk menciptakan kondisi sosial ekonomi yang mengarusutamakan martabat manusia, keberlanjutan ekosistem bumi dan sumberdaya terbarukan. Perlunya melestarikan kearifan dan pengetahuan asli masyarakat dan mempertemukan relevansinya dengan
cara-cara kini. Kesadaran ini juga tumbuh di kalangan generasi muda yang memilih ambil bagian menjawab permasalahan-permasalahan sosial melalui cara-cara baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya dalam berbagai pendekatan (green economy, clean energy, inclusive growth, sustainable consumption, dll.). Inisiatif ini perlu didukung dengan memberikan kesempatan dan akses lebih luas kepada mereka, serta dukungan peningkatan kapasitas kepada mereka.

 

 

LAGA PEMBAHARUAN SOSIAL KAWULA MUDA INDONESIA
Diselenggarakan oleh AKSI (Asosiasi Kewirausahaan Sosial Indonesia) yang didukung oleh mitra-mitra AKSI baik di Indonesia maupun di tingkat regional Asia dan internasional. Media bagi generasi muda untuk bertemu dengan berbagai inovator sosial dan
mengembangkan jejaring di antara para pembaharu sosial, filantropi dan sektor bisnis sosial atau usaha berbasis komunitas baik di Indonesia maupun tingkat regional Asia (Filipina, Malaysia, Thailand dan India) dan internasional.

 

 

PERSYARATAN
1. Organisasi/kelompok komunitas/badan usaha yang telah memulai suatu usaha sosial atau usaha berbasis komunitas minimal 1 tahun dan dikelola untuk tujuan jangka panjang.
2. Organisasi/kelompok komunitas/badan usaha yang independen/ non partisan, tidak berafiliasi politik tertentu dan bersifat inklusif.
3. Usaha tersebut dijalankan oleh pemilik/pendiri tidak berorientasi untuk mendapatkan bagian keuntungan (profit sharing).
4. Usaha tersebut dijalankan oleh individu-individu muda (yang berusia tidak lebih dari 30 tahun) yang memiliki motivasi kuat ambil bagian dalam mengatasi permasalahan sosial.

 

 

Tema dan Sub Tema yang Dapat Dipilih :
TEMA
1. Lingkungan hidup
A. Hutan – sustainable logging
B. Reuse – recycling
C. Clean energy
2. Pangan
A. Inovasi pangan non beras
B. Konsumsi berkelanjutan dan Pangansehat
C. Transfer kalori
D. Teknologi pengolahan pangan alternatif
3. Teknologi tepat guna
–  Teknologi yang bisa diaplikasikan bagi kelompok akar rumput.
4. Pendidikan
–  Pendidikan berbasis komunitas

 

 

HAL YANG PERLU DIPERSIAPKAN PESERTA
1. Komunikasi : Memiliki alamat Skype untuk dapat dihubungi dalam proses seleksi (harus dicantumkan dalam proposal).
2. Apabila masuk nominasi siap mengikuti proses seleksi final dan presentasi (pitching) di Surabaya, 21 – 22 September 2012.
3. Apabila terpilih sebagai pemenang siap mengikuti program pelatihan dan peningkatan kapasitas yang akan dilakukan oleh AKSI baik di Indonesia maupun di luar negeri untuk durasi 8 minggu secara keseluruhan.

 

 

Informasi lebih lanjut: 

klik disini untuk guideline lengkap.
klik disini untuk website penyelenggara.