Batas waktu: 10 Juni 2013
Syarat:
 Lomba untuk umum. Karya sesuai tema.
Awards:
 1st: 4juta, 2nd: 3juta, 3rd: 2.5juta.

DESKIRPSI

Perubahan besar yang berjalan teramat cepat melanda kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara abad 21, membawa perubahan di hampir semua aspek kehidupan manusia yang diikuti berbagai permasalahan di dalamnya. Hal itu memaksa kita dihadapkan pada tantangan-tantangan besar, termasuk dalam dunia pendidikan. Konsekuensinya, dibutuhkan persiapan diri, bukan semata-mata agar dapat survive dalam kehidupan global yang penuh tuntutan persaingan dan kualitas, tetapi juga bagaimana kita mengembangkan jati diri atau identitas budaya bangsa.

Tantangan itu menjadi salah satu persoalan ketika arus globalisasi berikut dampak negatifnya tidak dapat dibendung lagi. Dalam kondisi demikian, pendidikan mesti dapat menjawab tantangan ini. Dengan kata lain, pendidikan harus mampu menyediakan kesempatan bagi setiap peserta didik untuk memperoleh bekal pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai sebagai bekal mereka memasuki persaingan dunia yang  semakin hari semakin ketat.

Hal utama yang kini disoroti oleh banyak kalangan, termasuk pemerintah dan para pemerhati pendidikan, adalah lemahnya proses enkulturasi nilai-nilai kebudayaan yang terindikasi dalam catatan buram pendidikan, berupa pendidikan yang terlampau rasionalistik, kekerasan pelajar, budaya mencontek, kepentingan politis pendidikan serta carut-marut pelakanaan pendidikan saat ini. Belum lagi tekanan yang sedemikian besar dari budaya popular yang banyak dibawa oleh media, sehingga mengalahkan enkulturasi nilai-nilai lokal (kearifan lokal) dalam praksis pendidikan. Berdasarkan itu, pertanyaan umum yang sederhana namun dirasa sangat urgen yaitu “bagaimana pendidikan dapat mengakomodasi nilai-nilai kearifan lokal untuk membentukoutput dan outcome yang bermartabat?”

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, para pemangku kepentingan pendidikan perlu    mencari dan menggali gagasan-gagasan kritis dari berbagai pihak untuk terlibat aktif memikirkan solusinya. Atas dasar inilah, Program Pascasarjana (PPs) Unnes, dalam rangka memperingati  Dies Natalisnya Tahun 2013, mengambil inisiatif menyelenggarakan kegiatan  Lomba Karya Tulis Ilmiah bagi masyarakat luas untuk menampung  karya-karya tulis ilmiah dari para peserta yang masuk  agar  memperoleh  gagasan-gagasan yang kritis dan  konstruktif bagi  pengembangan pendidikan yang bermartabat di masa depan.

KETENTUAN LOMBA

  1. Tema Umum: “Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal” Tema umum tersebut dapat dikembangkan dalam  sub-subtema berikut ini:
    • Penggunaan Media dan Teknologi Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal
    • Eksplorasi Sumber/Materi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal
    • Metode, Model, atau Strategi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal
    • Pengembangan Pendidikan dalam Lingkungan Keluarga atau Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal.
  2. Peserta lomba bersifat terbuka untuk umum
  3. Format penulisan: naskah diketik dengan spasi 1,5, huruf Times New Roman (12), margin atas, kiri, bawah, dan kanan masing-masing 4 cm, 4cm, 3 cm, dan 3 cm
  4. Karya tulis  (dapat berupa hasil penelitian atau berupa gagasan konseptual) dibuat sebanyak-banyaknya 25 halaman. Cover depan bertuliskan: (1) Judul, (2) tulisan “dalam rangka mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diselenggarakan oleh PPs Unnes tahun 2013”, (3) nama peserta, (4) instansi peserta, dan (5) bulan dan tahun.
  5. Sistematika penulisan: (1) Abstrak, (2) Pendahuluan, (3) Kajian Teoretik, (4) Pembahasan, (5) Simpulan dan Saran, dan (6) Daftar Pustaka.
  6. Aspek penilaian: orisinalitas gagasan, keinovatifan, tata tulis ilmiah dan kebahasaan, serta kelogisan dan keruntutan.

PENGHARGAAN

Juara I:  Piagam, dan  Uang pembinaan  Rp 4.000.000,00 (Potong Pajak)
Juara II: Piagam, dan  Uang pembinaan  Rp 3.000.000,00 (Potong Pajak)
Juara III: Piagam, dan Uang pembinaan Rp 2.500.000,00 ( Potong Pajak)

MEKANISME LOMBA

  1. Naskah yang diterima oleh panitia akan diseleksi dan dievalusasi oleh  Dewan Juri untuk ditentukan juara 1, 2, dan 3.
  2. Juara 1,2 dan 3 akan diumumkan pada tanggal 20 Juni 2013 di website: www. pps.unnes.ac.id.
  3. Informasi penting tentang lomba dapat dipantau melalui website: www. pps.unnes.ac.id

PROSEDUR PENDAFTARAN

  1. Pendaftaran GRATIS dan terbuka untuk umum.
  2. Peserta mengisi formulir pendaftaran, yang dapat di-download di sini.
  3. Peserta melampirkan Pernyataan Keaslian Karya, format di-download  di sini.
  4. Mengirimkan: (a) formulir pendaftaran, (b) naskah (soft file) karya, dan (c) pernyataan keaslian kepada panitia selambat-lambatnya tanggal 10 Juni 2013, melalui e-mail: hermawanangganugraha@gmail.com. danekosugi14@yahoo.com.
  5. Setelah mengirimkan file naskah, peserta mengkonfirmasi pendaftaran via sms dengan format: LKTINAMATIGA KATA PERTAMA JUDUL ke nomor 08122813596
  6. Contact Persons: Drs. Triyanto, MA (08122813596); Drs. Syakir, M.Sn. (085865055366); Sucipto Hadi Purnomo, S.Pd. M.Pd (081325646887)

Informasi lebih lanjut:

Klik disini  untuk website penyelenggara.