Deadline          : 29 February 2016
Requirement  : LSM yang diakui
Award               : 250 juta rupiah

Yayasan DOMPET DHUAFA REPUBLIKA (DD) adalah Lembaga Nirlaba milik masyarakat Indonesia, berdiri sejak tahun 1993, yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan dengan mendayagunakan dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) serta dana sosial lainnya baik dari individu, kelompok maupun perusahaan. Dana ZISWAF dan dana sosial lain yang terhimpun disalurkan dalam beragam bentuk program sosial – pendidikan kesehatan, pelayanan dhuafa, penanganan bencana; dan pemberdayaan ekonomi masyarakat – pelatihan, kelembagaan ekonomi, peternakan, pertanian dan kredit mikro; di seluruh Indonesia. DD senantiasa menumbuhkan iklim transparansi dan profesionalitas untuk mengawal amanah masyarakat yang demikian besar.

TEMA
“ Menumbuhkan Desa Tangguh dan Produktif: Program Pemberdayaan Berbasis Produk, Teknologi Tepat Guna dan Sumberdaya Lokal”

RUANG LINGKUP
1. Peternakan
2. Pertanian
3. UMKM dan Pesisir

PERSYARATAN
1) Lembaga pengusul diutamakan belum mendapatkan fasilitas dana yang disalurkan dari Dompet Dhuafa, jika lembaga pengusul sudah pernah mendapatkan dari Dompet Dhuafa, lokasi dan jenis program haruslah berbeda
2) Lembaga pengusul yang diutamakan adalah lembaga non profit (LSM/NGO) masyarakat yang diakui oleh masyarakat dan pemerintah, yang dibuktikan dengan adanya dokumen legal formal lembaga
3) Mempunyai dan atau bersedia membangun sistem pengelolaan keuangan yang jelas (transparan) dan bersedia diperiksa (accountable)
4) Mempunyai wilayah kerja sesuai dengan lingkup keberadaan lembaga
5) Bukan dan atau tidak merupakan afiliasi dari partai politik atau organisasi di bawah payung partai politik
6) Diutamakan bagi lembaga yang tidak atau kurang memiliki akses sumberdana
7) Jika pengusul merupakan LSM atau lembaga yang sedang berkolaborasi, maka kegiatan yang diusulkan merupakan bagian atau pendukung dari kegiatan program mereka yang sudah berjalan
8) Memiliki aktifitas lembaga yang masih berjalan, sekurang-kurangnya 1 tahun, saat aplikasi diajukan

ANGGARAN
Untuk batas anggaran, kami memberikan batasan khusus pada jumlah maksimum yang dapat disupport adalah Rp. 250,000,000, namun kami akan berusaha memeriksa dan mempertimbangkan bagaimana suatu pengajuan dapat memberikan manfaat terbaik sesuai dengan tujuan dari Kerangka Acuan ini. Oleh sebab itu proposal diharapkan dapat memberikan sebuah anggaran terbaik yang sesuai dengan metodologi dan kegiatan yang disyaratkan guna memenuhi tujuan kegiatan ini. Ksmi tidak berkewajiban untuk memberikan penjelasan terkait persetujuan jumlah bantuan yang diberikan.

PENGUMPULAN PROPOSAL
1) Form proposal dan anggaran dapat diunduh (download) di http://www.dompetdhuafa.org/gmp/grantmakingproposal
2) Proposal yang telah siap diajukan dapat di upload di http://www.dompetdhuafa.org/gmp/grantmakingproposal atau dikirimkan via email ke: grantmaking@dompetdhuafa.org atau dikirimkan via pos dan faksimili ke alamat berikut: Divisi Ekonomi Dompet Dhuafa, Jl. Ir. H. Juanda no 50. Komplek Perkantoran Ciputat Indah Permai Blok C28-29 Ciputat Tangerang Selatan-Banten. Telp 021 7416040 (pos hanya diperuntukkan bagi yang memiliki kesulitan dengan akses maupun kecepatan internet)
3) Harap cantumkan Nama Lembaga _Wilayah (contoh: Yayasan A_Maumere, Papua) pada subject e-mail
4) Penerimaan proposal dibuka mulai 4 Januari – 29 Februari 2016. Proposal paling lambat diterima pukul 00.00 WIB, cap post, jika dikirimkan via pos. Keterlamabatan penerimaan karena kelalaian tidak akan dipertimbangkan.
5) Perubahan/Penyesuaian terhadap proposal yang diajukan oleh aplikan, dapat direvisi melalui pengajuan surat. Segala kebutuhan perubahan/penyesuaian proposal tersebut, harap diajukan kepada alamat di atas sebelum waktu penutupan pengajuan proposal.
6) Pemohon diharapkan untuk mengirim proposal yang komprehensif yang mencakup hal-hal berikut:  Tujuan umum, haruslah memiliki prinsip SMART (specific, measureable, applicable, rasionable, dan time frame)  Output/hasil yang diharapkan, dilengkapi Indikator keberhasilan dengan tolak ukur kualitatif, kuantitatif, waktu dan tempat.  Lokasi dan kelompok sasaran (jumlah, kriteria, profesi)  Kerangka waktu pelaksanaan  Kegiatan pelaksanaan/tahapan kegiatan program dilengkapi alur mekanisme program, Matrik Perencanaan Program  Tim pelaksana (posisi dan job desk)  Time line program (Tabel rencana kerja)  Penjelasan singkat profil lembaga pengusul  Total budget program yang diusulkan  Strategi untuk memenuhi tujuan yang mencakup penalaran, kerangka logis, dan kerangka waktu.  Metodologi proses pelaksanaan.  Analisa usaha dijelaskan melalui perhitungan sehingga gambaran prosentase peningkatan pendapat penerima manfaat program dapat terlihat
7) Aplikan diwajibkan untuk menggunakan format proposal dan RAB program, sesuai dengan format terlampir. Proposal yang dikirim selain menggunakan format terlampir, tidak akan kami proses.

Berminat?
keterangan lebih detil, baca disini yaa